Jumat, Juli 04, 2014

Beberapa Teknik On-The-Page SEO

On The Page SEO

Berdasarkan ilmu yang Seorank Newbie peroleh dari Search Engine Land, inilah tabel periodik berisi teknik dan faktor penting yang akan menentukan kesuksesan Anda dalam menerapkan SEO agar blog Anda meraih posisi terhormat di halaman depan hasil pencarian dari situs mesin pencari:

Tabel-Periodik-Faktor-Kesuksesan-SEO

tabel periodik SEO
Elemen-elemen dibawah ini berada dalam kontrol langsung dari publisher / pengelola situs (blog):
  1. Konten

    "Content is a King!", demikian yang sering disebut-sebut dalam setiap artikel SEO yang membahas tentang konten situs/blog. Ya, konten adalah raja! Lalu faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap visibilitas sebuah situs/blog terkait dengan konten? Berikut ini adalah diantaranya:

    • "Cq" (Content Quality)

      Nilai bobot: +3.

      Merupakan kualitas dari sebuah konten / artikel di dalam blog. Isi dari konten ini sebaiknya harus informatif, segar (baru), dan original (bukan hasil jiplakan dari situs lain). Ini adalah inti dari SEO modern yang baik (SEO Holistik). Konten berkualitas akan mengunci target pengunjung Anda untuk terus membaca blog dan membuka-buka halaman yang lainnya. Konten adalah raja, ingatlah itu selalu.

    • "Cr" (Content Research)

      Nilai bobot: +3.

      Merupakan penelitian yang dilakukan terhadap konten: seberapa besar peluang kita untuk muncul di halaman utama hasil pencarian pada mesin pencari (SERP / Search Engine Result Page).

    • "Cw" (Content Words)

      Nilai bobot: +2.

      Apakah halaman blog Anda (artikel) menggunakan kata-kata dan kalimat yang Anda harapkan untuk ditemukan melalui situs mesin pencari. Sebagai contoh, jika Anda ingin halaman di blog Anda ditemukan dengan kata kunci "Cara Mempraktekkan SEO", maka Anda sebaiknya menuliskan kata-kata "Cara mempraktekkan SEO" dalam kalimat di artikel yang Anda tuliskan.

  2. HTML

    HTML atau "HyperText Markup Language" adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web.

    HTML ditulis dalam bentuk elemen HTML yang terdiri dari Tag diapit oleh kurung sudut (seperti < html >). Tag HTML paling sering datang berpasangan meskipun beberapa Tag mewakili elemen kosong dan begitu juga berelektron, misalnya < img >. Tag pertama dalam sepasang mulai tag, dan tag kedua tag akhir (juga disebut Tag membuka dan menutup tag).

    • "Ht" (HTML Title)

      Nilai bobot: +3.

      Apakah HTML Title Tags mengandung kata kunci yang relevan dengan topik yang dibahas pada halaman blog (artikel) Anda? Selalu ingat untuk menggunakan HTML Title Tags pada setiap artikel di blog Anda karena ini bernilai 3 poin untuk SEO yang sedang Anda terapkan.

    • "Hd" (HTML Description)

      Nilai bobot: +2.

      Apakah deskripsi meta tags menjelaskan halaman tersebut tentang apa? Jadi meta tags description itu penting, maka gunakanlah pada HTML di blog Anda. Poin dua jika Anda sudah menggunakannya.

  3. Arsitektur

    • "Ac" (Arsitektur Crawl)

      Nilai bobot: +3.

      Bisakah situs mesin pencari merayapi blog Anda dengan mudah? Apakah crawler bisa mengumpulkan informasi dari situs Anda dengan maksimal?

    • "Ad" (Arsitektur Duplikat / Duplikasi)

      Nilai bobot: +2.

      Apakah situs ini mengatur duplikasi konten dengan baik? Tidak bisa dipungkiri terkadang ada artikel yang satu atau dua paragraph kemungkinan sama persis, jadi apakah in sudah diatur dengan baik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar