Jumat, Juli 04, 2014

SERP Search Engine Result Page

Search Engine Results Page (SERP)

dari Wikipedia, sang ensiklopedia bebas

Sebuah Search Engine Results Page (SERP) adalah daftar dari hasil yang ditampilkan oleh sebuah situs mesin pencari sebagai respons dari kueri kata-kunci yang diketik ke dalam kolom pencarian. Hasil-hasil ini normalnya termasuk sebuah list dari situs-situs yang disertai dengan judul, sebuah referensi yang mewakili keseluruhan isinya, dan sebuah deskripsi / penjelasan pendek yang menunjukkan dimana kecocokan kata kunci yang diketikkan pada kolom pencarian terletak di halaman situs yang ditampilkan. Sebuah SERP bisa merujuk pada satu halaman dari link yang ditampilkan, atau satu set link yang ditampilkan sebagai respon dari pencarian kata-kunci.

Komponen-Komponen dari SERP

SERP dari beberapa situs mesin pencari terkemuka seperti Google, Yahoo!, dan Bing terkadang menyertakan daftar situs yang berbeda untuk hasil pencarian pada keyword yang sama: walaupun secara kontekstual, algoritma / algoritmik, atau organik yang tercantum dalam daftar hasil pencarian, juga mencantumkan daftar link dari sponsor/pengiklan, gambar, peta, pengertian, video, ataupun pemurnian hasil pencarian yang diusulkan oleh mesin pencari.

Situs mesin pencari besar biasanya secara visual membeda-bedakan tipe konten secara spesifik, seperti misalnya gambar, berita, dan blogs. Banyak tipe konten yang memiliki template SERP khusus dan kutipan visual yang ditampilkan dalam halaman utama hasil pencarian.

Pada dasarnya hanya terdapat tiga komponen utama yang menyusun SERP:
  1. Pencarian Kata Kunci yang Aktual
  2. Daftar SERP Organik
  3. Daftar SERP yang Dibayar.
Ketiga komponen tersebut akan dijelaskan lebih lanjut dibawah ini:

Pencarian Kata Kunci Yang Aktual

Juga dikenal sebagai 'User Search String' atau 'Lini Pencarian Pengguna', ini adalah deretan set kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet pada kolom pencarian di situs mesin pencari. Kebanyakan dari lini pencarian ini berbentuk kata kunci.

Daftar SERP Organik

Daftar SERP Organik dihasilkan oleh mesin pencari berdasarkan sejumlah seri matriks yang ditentukan dari relevansinya terhadap kalimat kata kunci yang digunakan untuk mencari informasi. Halaman situs yang memiliki nilai lebih baik dalam algoritmik mesin pencari akan muncul pada daftar ini. Algoritma ini pada dasarnya berbasis pada sejumlah faktor utama, seperti misalnya konten yang tertera pada sebuah halaman situs, tingkat kepercayaan atau otoritas dari situs tersebut, dan faktor-faktor eksternal seperti misalnya backlinks, media jejaring sosial, berita, iklan, dan sebagainya.

Daftar SERP Yang Dibayar

Daftar SERP yang dibayar adalah iklan, atau link sponsor, yang dimasukkan dalam hasil penelusuran oleh mesin pencari secara otomatis. Berbagai situs membayar perusahaan mesin pencari agar situs mereka dapat ditampilkan di SERP dan dilihat oleh pengguna internet. Bagaimanapun juga, layanan ini berbeda dari layanan PPC / Pay Per Click, yang menunjuk pada iklan yang ditempatkan pada sebuah website, bukan SERP.



Generasi dari SERP

Perusahaan mesin pencari raksasa seperti Google, Yahoo! dan Bing secara primer menggunakan konten yang berkaitan dengan halaman dan mendasarkan pada tags metadata dari sebuah halaman situs untuk menghasilkan konten yang bisa dilihat dalam bentuk yang lebih kecil (disebut sebagai snippet / intipan). HTML title tag akan digunakan sebagai judul dari snippet tersebut sementara keseluruhan konten dari halaman situs tersebut (description tag atau page copy) akan digunakan sebagai deskripsi di dalam snippet.

Referensi

  1. Wikipedia berbahasa inggris: http://en.wikipedia.org/wiki/Search_engine_results_page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar