Kamis, Juli 10, 2014

Review Perjalanan Blogging Seorank Newbie

Sudah genap sepuluh hari sejak saya membuat blog ini dengan ditandai artikel pertama saya yang berjudul 3 Langkah Utama Mencari Uang Dari Internet pada tanggal 1 Juli 2014 yang lalu. Memang blog ini saya terbitkan khusus untuk mencatat langkah demi langkah yang sedang saya pelajari untuk mendapatkan penghasilan pasif di internet.

Perjalanan Mengenal Blogging

Saya baru mengenal komputer sejak kelas tiga SMP, sekitar tahun 1995. Waktu itu masih pakai DOS dan Lotus untuk mengetik. Kemudian komputer pribadi yang pertama yang saya miliki adalah sebuah desktop PC pada tahun 2006, itupun belinya susah payah dengan menyisihkan uang dari gaji saya.

Perkenalan saya dengan dunia internet berawal dari ketertarikan saya terhadap blogging yang dimulai sejak tahun 2008. Pada saat itu saya baru memiliki sebuah laptop dan koneksi internet menggunakan modem 3G. Dulu penyedia layanan internet di jaringan 3G masih sangat terbatas, seingat saya baru ada dua, yakni IM2 dari Indosat, dan Telkomsel Flash dari Telkomsel, maka saya memilih untuk menggunakan salah satunya, yakni IM2. Kecepatan yang saya dapatkan sangat lambat untuk ukuran masa kini, maksimal hanya 30kbps, itupun hanya di jam-jam tertentu. Tapi tidak menghalangi saya untuk belajar membuat blog pertama saya, melalui layanan Blogger dari Google, yang beralamat di www.adrianoize.blogspot.com (kini www.adrianoize.com).

halaman muka adrianoize.com
halaman muka www.adrianoize.com

Sejak tahun 2008 (pertama kali blog saya dibuat), hingga tahun 2014, saya tertidur. Dalam artian saya blogging hanya sekedari iseng. Enam tahun diterbitkan, blog tersebut hanya berisi sampah oret-oretan saat saya sedang iseng saja. Saya tidak mempelajari SEO (walaupun tahu karena sempat membaca lalu saya skip alias lewati begitu saja), dan saya tidak tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Google Adsense. Tapi ada satu kejadian yang mengubah pandangan saya terhadap blogging.

Pada tahun 2010, karena mengetahui saya bisa membuat blog, seorang paman saya di Bali yang bekerja sebagai tour guide meminta tolong untuk dibuatkan sebuah halaman situs promosional yang dapat diakses oleh calon wisatawan yang ingin berlibur di Bali. Singkat kata, saya buatkan. Lalu setelah kira-kira 10 artikel, saya sempat membaca tentang program Google AdSense. Karena sedang iseng, saya lalu mendaftarkan blog tersebut di program AdSense, memasang iklannya di blog, lalu meninggalkannya begitu saja karena memang belum ada ketertarikan untuk menghasilkan uang melalui internet.

Empat tahun berselang, saya melewatkan blogging hanya sebagai pengisi waktu luang saja. Lalu hal ini berubah ketika pada bulan Mei 2014, saya membuka kembali akun AdSense yang dulu sudah saya daftarkan. Di akun saya tertera pemasukan sebanyak $3,14 US Dollar. Saya berpikir kok lumayan juga bisa dapat 30ribu rupiah dari blogging, padahal nggak saya apa-apain. Saya yang penasaran lalu membaca-baca data pengunjung blog yang melihat iklan, jumlah klik iklan yang dilakukan para pengunjung, lalu semakin penasaran dengan Google AdSense.

Google AdSense

Dan saya meriset, berapa sebenarnya yang dibagikan Google kepada para publishers yang terdaftar di AdSense. Hasil riset saya cukup mengejutkan, Dari data yang saya peroleh diketahui bahwa pada tahun 2007 saja (tujuh tahun yang lalu), pendapatan para Publishers saja adalah sebesar US $ 1.350.000.000,-. dan Google membayar US $ 1.130.000.000 (Satu Milyar Seratus Tiga Puluh Juta Dollar Amerika) kepada para penerbit yang bekerjasama dengan mereka untuk menampilkan iklan dalam program Google AdSense. Sisanya sebesar US $ 20.000.000,- adalah pendapatan Google AdSense yang belum bisa dibayarkan oleh Google karena belum mencapai nilai minimum pencairan yang sebesar USD 100,-. Jika dirupiahkan dalam kurs rupiah yang berlaku hari ini Rp 11.714,-, maka pembagian keuntungan Google AdSense pada tahun 2007 adalah senilai Rp 13.236.820.000.000,- (lebih dari Tiga Belas Trilyun Rupiah) kepada seluruh penerbit terdaftar di Google. Selengkapnya baca di: Berapa Keuntungan Google Adsense Yang Dibagikan Kepada Publishers?.

Pembagian keuntungan Google AdSense
Pembagian keuntungan Google AdSense. 

Kejadian tersebut telah mengubah sudut pandang saya terhadap blogging, dan memancing minat saya untuk mempelajari blogging, SEO, dan Google AdSense lebih dalam lagi.

Saya berpikir, sial. Itu tahun 2007, Google membagi 13 trilyun rupiah setiap tahun dan saya sudah enam tahun blogging tapi hanya punya 3 dollar saja? Itupun tidak bisa dicairkan karena belum memenuhi syarat minimal pencairan 100 dollar!! Kemana aja selama ini???

Mempelajari SEO (Search Engine Optimization)

Akhirnya pada bulan Mei, saya mulai sadar dan berusaha mencari rumus sukses mencari uang dari Internet. Sejauh yang saya simpulkan, cara termudah untuk mencari uang di internet adalah dalam 3 langkah berikut:
  1. Mempelajari SEO,
  2. Membuat Blog,
  3. Mendaftar di Google AdSense.
Mengapa saya menaruh mempelajari SEO di posisi paling atas? Karena sebenarnya kita harus tahu SEO terlebih dahulu untuk membuat sebuah blog yang baik dan ramah mesin pencari (search engine friendly). Karena dari mesin pencari-lah pengunjung akan datang, dan dari pengunjung-lah uang datang (dari iklan yang mereka lihat lalu klik).

Dengan demikian, maka telah dimulai perjalanan saya untuk mempelajari blogging sebagai seorank newbie. Artikel ini saya ketik hanya sebagai review untuk mengingat-ingat kembali alasan saya menerbitkan blog ini: Untuk mengenal lebih lanjut tentang SEO (Search Engine Optimization). Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membacanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar