Selasa, November 17, 2015

Optimisasi Mesin Pencari (OMP)

Optimisasi Mesin Pencari (OMP)

SEO_Search_Engine_Optimization_OMP_Optimisasi_Mesin_Pencari
SEO Untuk Meningkatkan Posisi Di Google Search
Search engine optimization (SEO) atau yang dialihbahasa menjadi bahasa Indonesia adalah Optimisasi Mesin Pencari (OMP) merupakan suatu proses untuk mempengaruhi visibilitas / keterlihatan sebuah situs atau halaman web dalam hasil penelusuran mesin pencari yang tidak dibayar (bukan iklan atau sering disebut sebagai hasil pencarian "alami," "organik," atau "capaian").

Umumnya apabila posisi sebuah situs lebih tinggi peringkatnya di halaman hasil pencarian, dan jika sebuah situs lebih sering muncul dalam daftar hasil pencarian, semakin banyak pengunjung situs yang akan diterima oleh sebuah situs yang berasal dari pengguna mesin pencari itu sendiri.

Ketika Google didirikan pada September 1998, situs mesin pencari mereka hanya melayani sepuluh ribu permintaan pencarian per hari. Pada bulan September 1999, atau satu tahun setelah diluncurkan, Google sudah menjawab 3,5 juta permintaan pencarian setiap hari.

Sembilan bulan kemudian, pada pertengahan tahun 2000, volume pencarian telah meningkat lima kali lipat, mencapai rata-rata 18 juta query per hari. Pada saat Google mengumumkan IPO pada bulan April 2004, pengguna internet di seluruh dunia mengirimkan lebih dari 200 juta query ke Google setiap hari.

Pada bulan Agustus 2012, Amit Singhal, Senior Vice President di Google yang bertanggung jawab untuk pengembangan Google Search, mengungkapkan bahwa mesin pencari Google menemukan lebih dari 30 triliun URL unik di Web, laba-laba Google merayapi 20 miliar situs per hari, dan memproses 100 miliar pencarian setiap bulan. (kalau dikonversi lagi menjadi 3,3 miliar pencarian per hari dan lebih dari 38.000 ribu per detik).

Angka ini dikonfirmasi oleh Google Zeitgest 2012, yang melaporkan 1,2 triliun pencarian untuk 2012 dalam laporan tahunan mereka.

Kini Google adalah situs mesin pencari paling populer di seluruh dunia, dengan pangsa pasar global (market share) pada tahun 2015 mencapai 69.24% dari seluruh pengguna internet di dunia dan hampir 4 milyar pencarian setiap harinya. Pendapatan Google dalam satu tahun penuh pada tahun 2014 mencapai 66 milyar dollar atau setara dengan 858 trilyun rupiah.

SEO / OMP dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video, pencarian akademik, pencari berita dan mesin pencari vertikal pada suatu industri-spesifik.

Strategi SEO

Sebagai strategi pemasaran Internet, SEO mempertimbangkan bagaimana sebuah mesin pencari bekerja, dan apa yang dicari oleh orang-orang yang menggunakan pencarian di internet, istilah yang sebenarnya dari pencarian atau lazim disebut sebagai kata kunci (keyword) yang diketik ke dalam kotak penelusuran mesin pencari dan mesin pencari yang mana yang lebih disukai oleh pemirsa / pengunjung yang ditargetkan oleh para praktisi SEO.

Mengoptimalkan sebuah situs web mungkin turut melibatkan proses mengedit isinya, mengedit kode HTML dan coding yang terkait untuk meningkatkan relevansi kata kunci spesifik dan untuk menghilangkan hambatan dalam kegiatan pengindeksan mesin pencari. Mempromosikan situs untuk meningkatkan jumlah backlink, atau link inbound, merupakan taktik SEO lain yang sering dipraktekkan oleh para ahli SEO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar