Kamis, Juli 03, 2014

SEO Tingkat Dasar: Keyword Artikel

Keyword pada Artikel

Setelah sebelumnya Anda membaca tentang 4 prinsip tingkat dasar SEO dalam menulis posting artikel, maka kali ini kita akan membahas sesuatu yang sifatnya lebih teknis: keyword, atau dalam bahasa Indonesia, kita mengenalnya dengan sebutan "kata kunci".

Secanggih apapun algoritma sebuah mesin pencari disusun, tetap saja, mereka adalah algoritma. Mereka tidak bisa mengindeks sebuah artikel blog tanpa mengumpulkan data dan memilah-milah kata kuncinya. Ini adalah dasar dari sebuah hasil pencarian. Oke, tautan atau links memang sama pentingnya. Tapi bagaimana apabila sebuah blog memiliki ratusan link, tetapi isi dari blog tersebut tidak berkaitan sama sekali dengan kata kunci? Atau mungkin isinya tidak berkualitas sebagaimana yang diinginkan oleh pengguna internet?

Jadi selain dari posting artikel yang berkualitas, gunakanlah teknik SEO yang memastikan robot mesin pencari mendatangi blog Anda dan membawa pulang kata kunci yang tepat ke markas Google (Googleplex) di Mountain View sana.

Dimana sebaiknya kita meletakkan keyword dalam sebuah artikel?

Berikut ini adalah 6 tips lanjutan dimana Anda bisa menaruh kata kunci yang tepat untuk artikel Anda dalam sebuah posting di blog:
  1. Taruhlah kata kunci di Judul blog pertama kali ketika Anda membuat posting. Secara otomatis Blogger akan mengkonversi judul tersebut menjadi URL alamat posting artikel Anda. Jadi ini adalah yang pertama kali dilihat oleh robot / crawler / spider, entah apapun itu yang dikirim oleh mesin pencari untuk menelusuri sebuah link. Jadi pastikan kata kunci yang Anda targetkan berada di URL tersebut. Seperti misalnya blog ini, karena saya mentargetkan kata kunci SEO, maka saya akan sebisa mungkin menuliskan artikel tentang SEO, dan menaruh kata kunci "SEO" di dalam judul posting artikel saya sehingga URL dari posting artikel tersebut akan memuat kata kunci yang saya inginkan.
  2. Gunakan fasilitas header yang ada di blogger untuk memperjelas inti dari artikel Anda dan menekankan isi dari posting kepada crawler. Seperti misalnya jika Anda sedang menulis tentang Gmail, maka tuliskan header < h1 >Keuntungan Menggunakan Gmail< /h1 > pada paragraph di artikel Anda yang sedang membahas tentang keuntungan menggunakan layanan e-mail dari Google tersebut.
  3. Selalu sisipkan sebuah gambar/foto/video dalam artikel Anda, karena Google juga mempertimbangkan sebuah artikel akan lebih baik jika memiliki referensi visual daripada hanya full tekstual saja.
  4. Berikan nama file dari gambar/foto/video yang akan Anda unggah ke Blogger dengan nama yang mengandung kata kunci dari artikel Anda. Contoh, jika Anda sedang menulis tentang Google, maka sisipkan sebuah gambar yang diberi nama file: logo-google.jpeg misalnya.
  5. Berikan title tag yang memuat keyword/kata kunci yang sedang Anda targetkan pada setiap link yang Anda sertakan di dalam posting artikel. Caranya Anda cukup mengetikkan target="kata kunci yang Anda inginkan." setelah < a href="..." > ketika Anda membuat sebuah link.
  6. Berikan Labels yang mengandung kata kunci pada artikel Anda. Itu sudah jelas mendeskripsikan artikel Anda membahas tentang apa.
Enam Trik tersebut diatas adalah cara untuk memberitahu kepada Google tentang apa yang sedang Anda tuliskan. Dengan demikian ketika selesai mengindeks halaman demi halaman di blog Anda, robot/spider/crawler akan membawa oleh-oleh hasil indeks blog Anda ke pusat database Google dengan keyword / kata kunci yang memang sengaja Anda titipkan kepada robot tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar