Jumat, Juli 11, 2014

Checklist Optimasi Blog Seorank Newbie

Checklist Optimasi Blog

checklist optimasi blog seorank newbie
Setelah bermain-main dengan berbagai metode SEO (Search Engine Optimization) yang sudah saya pelajari dimana kebanyakan adalah teknik on-the-page SEO yang memang sedikit lebih mudah dari teknik off-the-page SEO (karena on-page-SEO mayoritas berkaitan dengan item yang berada dalam kontrol penuh pengelola situs / blog), berikut adalah checklist teknik optimasi yang sudah saya lakukan di halaman blog ini:
  1. Saya sudah membuat sebuah blog Niche, yang memfokuskan pada kata kunci (keyword) dan topik tertentu, yakni SEO (Search Engine Optimization);
  2. Saya sudah menggunakan template blogger yang sederhana dengan tujuan untuk mempercepat waktu loading blog saat diakses oleh pengguna, sehingga menghindari terjadinya bounce rate yang tinggi.
  3. Saya sudah memposting artikel yang hanya berkaitan dengan topik / tema yang sudah dipilih;
  4. Saya sudah memprioritaskan konten / artikel berkualitas dengan berorientasi kepada para pengunjung (visitors) yang membaca blog saya.
  5. Saya sudah menggunakan tag header secara berurutan dalam setiap artikel saya, mulai dari header h1, lalu h2, dan terakhir h3;
  6. Saya sudah memasukkan gambar untuk setiap artikel demi estetika konten yang lebih baik dan diberi nama sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan pada nama file gambar yang diunggah ke dalam artikel;
  7. Saya sudah menggunakan tag "image ALT" pada gambar agar foto/gambar tersebut turut diindeks oleh robot mesin pencari;
  8. Saya sudah memberi tag / labels yang sesuai dengan isi konten/artikel, dan berkaitan dengan Niche blog ini;
  9. Saya sudah menanam "meta description tag" (tag meta deskripsi) pada HTML blog saya, dan sesuai dengan poin-poin yang disarankan.
  10. Saya sudah memberitahukan Google (notify Google) dengan cara memasukkan alamat blog (Submit URL) di Google;
  11. Saya sudah mendaftar di Google Webmaster Tools;
  12. Saya sudah memasukkan peta situs (Submit Sitemap) dengan menggunakan Google Webmaster Tools;

Hanya saja terdapat satu masalah yang masih belum saya temukan solusinya, yakni Crawl Error pada menu Google Webmaster Tools. Menu Crawl Error pada halaman dashboard blog ini di Google Webmaster Tools hanya menampilkan animasi loading yang hanya berputar-putar saja. Dan ketika saya mengklik lebih lanjut, muncul pesan notifikasi: "Failed to load data, please try again later.". Ini terasa cukup mengganggu karena situs lain yang saya kelola di Google Webmaster Tool berjalan seperti biasa, dan menampilkan Crawl Error dengan cepat dan normal, tanpa harus loading berlama-lama. Mungkin ada kesalahan, dan parahnya lagi ini juga yang bisa jadi menyebabkan situs saya sempat hilang dari daftar pencarian dengan kata kunci "Seorank Newbie". Saya masih akan mencoba untuk menemukan solusinya.

Langkah selanjutnya dari SEORank Newbie

Kemudian, beberapa langkah SEO yang akan saya terapkan setelah ini antara lain:
  1. Tetap rajin mengisi blog dengan konten artikel yang relevansinya tinggi dengan kata kunci yang diincar;
  2. Membangun backlink secara hati-hari, karena akhir-akhir ini algoritma Google sudah menerapkan kebijakan ketat terhadap backlink yang didapatkan dengan cara tidak benar hanya demi untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (Search Engine Results Page atau SERP). Mungkin saya akan mencoba menggunakan Backlink Builder, tetapi saya hanya akan mencari inbound link yang benar-benar berkualitas yang datang dari situs relevan yang memiliki otoritas serta reputasi tinggi;
  3. Menggunakan fitur website submission untuk mendaftarkan blog ini pada berbagai direktori situs yang tersedia;
  4. Memasang Alexa Widget, walaupun ini tidak berkolerasi banyak dengan SEO, tetapi ini adalah salah satu cara untuk memantau indikator keberhasilan kita dalam menerapkan SEO, karena Alexa memeringkatkan situs berdasarkan jumlah pengunjung unik (yang tentu saja datang dari situs-situs mesin pencari, dan bisa datang berkat kemampuan kita menerapkan SEO sehingga muncul pada halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari atau SERP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar