Selasa, Juni 09, 2015

$100 Pertama Dari Google AdSense

Google AdSense

Tanpa terasa sudah 343 hari sejak pertama kalinya saya memutuskan untuk menekuni SEO (Search Engine Optimization) dengan hadirnya blog "Seorank Newbie" ini. Status saya sebagai orang awam di dunia blogging dan internet marketing membuat saya harus belajar dari 0.

Artikel pertama saya ditulis pada tanggal 1 Juli 2014, dan terhitung sejak tanggal itu hingga hari ini (09 Juni 2015), maka sudah 343 hari sejak saya mulai menerapkan SEO di blog (lain) saya dan mempelajari Google AdSense lebih serius.

Baca artikel pertama saya di sini: 3 Langkah Utama Mencari Uang Dari Internet

Hari ini saya membuka akun AdSense saya dan membaca bahwa perkiraan penghasilan (Estimated Earnings) saya sudah akan mencapai US $ 100,- yang artinya sudah mendekati batas minimal pencairan pembayaran Google AdSense. Berikut adalah screenshot-nya:

Google_AdSense_Estimated_Earnings_100_Dollar
Estimated Earnings Google AdSense saya yang sudah mendekati angka US $ 100 dollar Amerika.

** Mohon maaf sebelumnya kepada para master / suhu yang sedang membaca ini (mungkin) ada yang menertawakan artikel saya di dalam hati, tetapi maklumi seorank newbie yang hina ini sedang berbangga hari dengan 100 $ pertamanya dari Google AdSense. :D

Perhitungan Rasio

Di dalam gambar diatas dijelaskan bahwa saldo saya saat ini adalah $98,36 dollar Amerika (sekitar Rp 1.315.000,- jika dirupiahkan dengan kurs saat ini yang berada di angka Rp 13.375,- per satu dollar Amerika).

Untuk hari kemarin saya mendapatkan $ 0,77 (Rp 10.229,-). Jika saya mampu mempertahankan Angka harian ini ($0,77), saya akan menghasilkan $100 setiap 129 hari sekali (hampir lima bulan). Dalam 7 hari terakhir saya menghasilkan $3.88 atau rata-rata $ 0,55 (Rp 7.356) per hari. Dari rataan tersebut, untuk mencapai $100 akan membutuhkan 181 hari (enam bulan lebih).

Dan penerimaan saya dalam 28 hari terakhir mencapai $ 14.96 atau rata-rata $ 0,53 per hari. Itu berarti jika saya mampu mempertahankan rataan ini, saya harus menunggu hingga 190 hari lagi untuk menerima $100 saya yang berikutnya.

Sedikit update, ternyata saya tidak perlu menunggu hingga 190 hari untuk mendapatkan pencairan kedua kalinya sebesar USD $116,-, melainkan hanya butuh 60 hari saja sejak tanggal 21 Juli 2015. Hal tersebut dikarenakan saya berhasil menaikkan rataan pendapatan harian atau average daily estimated earnings menjadi $2,05 per hari. Sangat lumayan untuk ukurang seorang niyubi seperti saya.

Semoga saya bisa terus bersabar dalam upaya mempelajari AdSense ini.

Optimisme dan Hambatan

Dari angka-angka tersebut membuat saya cukup optimis akan perkembangan hasil pembelajaran saya selama 343 hari ini, mengingat saya melakukannya sambil bekerja di kantor saat ada waktu senggang saja. Apabila saya mampu mempertahankan rasio penerimaan saat ini, maka saya telah mempersempit jarak waktu penerimaan $100 dari setiap 343 hari ke angka 190 hari sekali. Itu adalah sebuah perkembangan kecil yang sangat saya hargai.

Hal tersebut juga yang menghambat perkembangan saya, karena waktu senggang yang sangat sedikit, saya tidak bisa setiap hari menambahkan artikel baru di dalam blog saya, sehingga dapat dikatakan site freshness saya tidak daily update dan itu sudah pasti sangat berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya sebuah blog dalam menghasilkan uang dari iklan dan pengunjung.

Hambatan lainnya adalah minimnya pengetahuan saya tentang HTML yang membuat saya tidak leluasa untuk melakukan optimalisasi di masing-masing blog yang saya buat.

Langkah ke Depan

Setelah berhasil memperoleh USD 100 $ saya yang pertama dari Google AdSense, lalu apa yang sebaiknya saya lakukan? Mungkin berikut ini adalah rumusan pribadi yang dapat saya lakukan terkait ini:
  1. Ekspansi blog ke arah yang lebih serius, dengan mengutamakan jumlah unique visitor alias kunjungan unik, dan mengambil tema yang lebih banyak dicari oleh orang-orang;
  2. Mempelajari SEO dengan lebih giat lagi, terutama mencari cara menerapkan SEO dengan mobile-user oriented serta memaksimalkan social media;
  3. Memaksimalkan penggunaan tools seperti Google Search Console serta Optimizing Ads yang tersedia di Google AdSense.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung, Mas Toro.. Nice blog juga di Electoro...

      Hapus