Jumat, Oktober 24, 2014

Cara Posting Blog yang Ramah SEO

Ibarat ingin mendapat nilai yang bagus dari guru Bahasa Indonesia saat mengerjakan tugas mengarang cerpen, maka tulisan Anda sebaiknya enak dibaca dan berpikir apakah saya sudah menulis artikel atau cerpen ini dengan baik terlebih dahulu sebelum memikirkan isi dari artikel.

Posting Blog

cara_posting_blog_yang_ramah_SEO
Blogging tidak sekedar mengetik, namun juga optimasi.
Demikian juga dengan blogging, agar artikel atau konten Anda terlihat bagus di mata Google, sebaiknya artikel yang ditulis memiliki keindahan dari segi Optimalisasi Mesin Pencari atau SEO (Search Engine Optimization).

Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana membuat posting di blog Anda agar ramah-SEO (SEO-friendly) dan dijabarkan dalam bentuk checklist.

Optimasi Mesin Pencari atau Search engine optimization sangat penting bagi para pelaku internet marketing, tetapi bisa menjadi sangat sulit untuk menerapkan taktik demi menguasai algoritma Google yang senantiasa diperbaharui. Lalu apa yang menentukan? Dan apa yang tidak penting? Bentuk latihan seperti apakah yang terbaik? dan apa saja trik SEO yang sudah ketinggalan jaman? Lagipula, bagaimana mungkin saya bisa mengingat semuanya secara keseluruhan?

Kami mengerti bahwa ini adalah isu yang biasa terjadi dalam menghadapi perkembangan algoritma Google yang sangat dinamis, dan kami bersedia untuk membantu.

Dibawah ini, kami akan mengupas tuntas beberapa hal yang disarankan dari taktik SEO terbaru, bersamaan dengan sejumlah taktik optimasi yang harus Anda ingat baik-baik. Catat bahwa daftar ini TIDAK mengulas SEMUA taktik SEO. Tetap, tips-tips ini memang ditujukan bagi Anda yang ingin memulai untuk mengembangkan SEO pada blog Anda.
  1. Fokus pada 1-2 kata kunci berbentuk kalimat

    Ketika menulis untuk blog Anda, sangat penting untuk tidak memasukkan satu ton kata kunci Anda ke dalam satu post. Sebaliknya, fokus pada 1-2 kata kunci untuk setiap posting. Hal terbaik untuk membatasi kata kunci terhadap total ini karena:
    1. Mesin pencari benar-benar akan menghukum posting Anda jika terlihat seperti Anda menggunakan kata kunci terlalu banyak, dan
    2. Membantu membuat Anda tetap fokus pada tujuan untuk posting Anda. Ya, lebih dari satu kata kunci dapat muncul dalam posting; tetapi tujuan posting harus cukup sempit untuk memungkinkan Anda untuk menghabiskan waktu mengoptimalkan untuk hanya satu atau dua kata kunci.

    Kata kunci dengan ekor yang panjang mungkin lebih efisien untuk digunakan karena pengunjung website mencari istilah berekor panjang (kalimat pertanyaan) akan sering menjadi lebih berkualitas. Dengan kata lain, Anda akan membawa hak jenis lalu lintas - pengunjung yang mengkonversi - dengan menggunakan kata kunci ekor panjang (long-tail keyword).

    kata_kunci_ekor_panjang_kalimat_pencarian
    Kata kunci ekor panjang atau kalimat pencarian. Contohnya seperti diatas.

    Dimana bagian terbaik dari posting Anda untuk memasukkan istilah-istilah ini sehingga Anda peringkat tinggi dalam pencarian? Nah, ada empat tempat penting di mana Anda harus mencoba untuk memasukkan kata kunci Anda:
    1. Judul

      Judul dari posting blog harus juga memuat kata kunci yang Anda inginkan, tetapi hanya untuk memastikan saja bahwa Anda harus tetap menjaga agar kata kunci berekor panjang tidak lebih dari 70 karakter. Judul dari posting akan menjadi langkah pertama dari mesin pencari dan para pembaca untuk menentukan relevansi dari konten artikel, jadi memasukkan kata kunci yang ditargetkan disini adalah sangat penting.
    2. Batang tubuh Artikel

      Anda harus menyebutkan kata kunci dalam jumlah yang normal dan terukur dalam batang tubuh artikel yang sedang ditulis -- hal tersebut berarti Anda harus menuliskan kata kunci, tetap hanya dalam cara yang alami, dan ramah terhadap pengunjung (tidak membuat bingung). Mesin pencari akan menghukum mereka yang percaya bahwa post acak yang menggunakan keyword saja akan menghasilkan efek bagus pada peringkat di mesin pencari, jadi ini memerlukan perhatian yang lebih dalam cara Anda menuliskan konten artikel.
    3. URL

      Mesin pencari juga melihat kepada URL untuk mencari tahu apa yang dibahas dalam postingan. Jadi URL yang digunakan harus merefleksikan isi dan judul artikel, sehinga pastikan bahwa kata kunci yang digunakan sudah relevan dengan artikel. Jika Anda terpaksa untuk menyederhanakan URL, maka pastikan bahwa kata kunci terpenting tetap ada disana.
    4. Tag Meta Deskripsi

      Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang tag meta deskripsi dengan mengklik pada tautan diatas. Meta deskripsi ditujukan untuk memberi informasi singkat kepada mesin pencari dan para pembaca tentang isi keseluruhan dari posting konten di blog Anda. Jadi yakinkan untuk menggunakan kalimat kata kunci berekor panjang dengan jelas pada meta tag deskripsi yang ditanamkan di HTML blog sehingga Google dan para pengunjung akan memperoleh informasi awal terkait isi artikel, tetapi patut diingat juga bahwa seberapa besar pengaruhnya juga ditentukan dari tingkat konversi dari hasil pencarian menjadi kunjungan.
    Empat tempat diatas sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda ingin melakukan optimasi terhadap kata kunci dalam artikel.

sumber:
http://blog.hubspot.com/marketing/seo-friendly-blog-post-checklist-ht

Tidak ada komentar:

Posting Komentar